Tahun 2016 lalu, Intel sempat memperkenalkan proyek terbaru mereka yang disebut Euclid. Menurut Intel, Euclid adalah sebuah modul khusus untuk dipasangkan pada robot. Yang menarik, Euclid bukan sekadar komputer biasa, tetapi juga dilengkapi kamera pendeteksi kedalaman ruang.

Kini setelah hampir satu tahun setelah diumumkan, akhirnya perangkat tersebut siap. Intel Euclid dibekali berbagai spesifikasi yang kurang lebih sama dengan saat diperkenalkan sebelumnya, antara lain prosesor Intel Atom x7-8700 quad-core, RAM 4 GB, dan memori internal 32 GB. Kamera yang digunakan adalah RealSense ZR300. Dengan kamera ini, Euclid dapat menganalisa kedalaman ruang. Intel pun menanamkan fitur-fitur pendukung seperti sensor gerak dan lokasi seperti yang biasa ditemui pada smartphone.

Karena ditujukan sebagai komputer untuk robot, Intel Euclid berjalan di sistem operasi Ubuntu 16.04 dengan ROS (Robot Operating System). Perlu diketahui bahwa ROS adalah OS yang standar untuk robot, dan Euclid memiliki ‘otak’ dan berbagai sensor yang dibutuhkan oleh robot. Artinya, pengguna hanya tinggal memasangnya pada bodi robot saja. Intel Euclid saat ini sudah masuk tahap pre-order di website Intel. Harganya tergolong masih terjangkau, yakni US$399 atau sekitar 5,3 juta rupiah.