Aktor kawakan Inggris, Roger Moore, yang dikenal sebagai pemeran James Bond, meninggal dunia di Swiss pada hari Selasa (23 Mei 2017), dalam usia 89 tahun. Dalam pernyataan pihak keluarga melalui akun media sosial Twitter mengatakan sangat terpukul dengan kematian Roger Moore.

Tiga anak Moore: Deborah, Geoffrey, dan Christian, mengatakan “Dengan berat hati harus kami sampaikan kabar menyedihkan bahwa ayah kami, Sir Roger Moore, meninggal dunia hari ini. Kami semua sangat terpukul.” Penyebab meninggalnya pemeran tujuh serial James Bond dari 1973 hingga 1985 itu dikarenakan penyakit kanker yang dideritanya.

Sebelumnya, Moore pernah didiagnosis terkena diabetes mellitus pada 2013 yang membuat dia dilarang untuk mengonsumsi martini. Ia kemudian juga pernah tercatat mengidap penyakit pneumonia. Roger Moore adalah James Bond ketiga usai Sean Connery dan George Lazenby yang beperan sebagai agen 007. Setelahnya, tongkat estafet Roger berpindah ke Timothy Dalton sebagai agen rahasia flamboyan. Selain memerankan tokoh agen rahasia Inggris di film-film Bond, Moore juga pernah membintangi seri televisi The Saint dan The Persuaders. Ia juga dikenal sebagai duta besar lembaga PBB untuk anak-anak, Unicef, yang ia anggap sebagai pencapaiannya yang terbesar. Moore rencananya akan dimakamkan di Monaco, sesuai dengan permintaannya, kata pihak keluarga.