Siapa bilang perempuan dan musik underground tak bisa selaras? Musik apapun jelas-jelas bersifat universal, tak hanya dimiliki atau disukai oleh kaum adam belaka. Bagi orang awam musik underground seperti metal, hardcore, punk, dsb mungkin memiliki kesan yang urakan, keras, dan berisik, sehingga tak jarang mereka menganggap pelaku dan penikmat musik tersebut hanya diperuntukkan untuk laki-laki saja.

Namun sebenarnya pelaku perempuan di ranah ini sudah ada sejak lama bahkan hingga awal era 2000an, sebut saja Bikini Kill, Walls of Jericho, dan banyak lagi. Lambat laun perempuan di skena ini mulai banyak bermunculan tak hanya sebagai penikmat, namun sebagai pelaku. Punch, Odio, The New Harmony, Krimewatch, adalah beberapa nama band punk/hardcore beranggotakan perempuan. Di Bali sendiri akhirnya menetaskan satu nama, Veinn, yang mendeskripsikan musiknya sebagai perpaduan antara konsistensi ketukan punk dan agresifitas musik hardcore yang dikawinkan dengan blast beast ala thrash dan grindcore.

Veinn adalah Stephie (vokal), Christian (gitar), Yudi (bass), dan Dwi (drum), dipersatukan atas dasar keinginan mereka untuk melakukan sebuah terobosan dan eksplorasi musik pada skena pulau ini yang semakin terbuka dengan jenis musik baru. Terbentuk pada April 2017, tidak butuh waktu lama bagi kuartet ini untuk memesatkan karya-karyanya dalam sebuah demo bertajuk, Slime. Dalam demo tersebut Veinn banyak mengangkat isu belenggu yang sering terjadi dalam kehidupan manusia seperti kematian, kebiadaban otoritas negeri, sampai isu perempuan yang kerap diminorkan. Materi mereka diterjangkan dengan penuh kegeraman bercampur deru distorsi yang dimainkan dengan cepat dan lugas.

Bagi yang menyaksikan penampilan mereka pertama kali nampaknya akan cukup dikelabui oleh gerak-gerik Stephie yang terkesan malu-malu. Namun ketika melantangkan lagu pertama, ia langsung berubah menjadi sosok sadis yang melugaskan lirik-lirik penuh amarah. Veinn akan segera meluncurkan debut album perdananya di akhir tahun 2017. (NY)

Bandcamp : http://www.veinn.bandcamp.com