Bagi penikmat musik, Morrissey adalah salah satu figur paling ikonis dan berpengaruh di industri musik dunia. Moz dikenal akan karya-karyanya yang bermakna dalam, tak ayal status living legend pun melekat di dirinya. Tak melulu soal musikalitas, di luar dunia tarik suara, Moz juga dikenal sebagai sosok aktivis. Ia pun kerap aktif berkampanye untuk menegakkan hak asasi hewan. Dalam rangka memperingati sosok besar Morrissey, Dewan Kota Los Angeles secara resmi mendeklarasikan ‘Hari Morrissey’ pada 10 November kemarin. Kabarnya mantan vokalis The Smiths itu akan dianugerahi sebuah sertifikat peringatan di pertunjukan konsernya di Hollywood Bowl.

“Hari Morrissey untuk menghormati pria yang menempatkan ‘M’ di Moz Angeles, seorang ikon yang musiknya terus menyentuh dan memajukan banyak orang di seantero dunia,” ujar Monica Rodriguez, dari pihak dewan, dikutip dari media Alternative Press.

“Morrissey menggunakan suaranya untuk meningkatkan kesadaran akan banyaknya isu-isu sosial sembari ‘dengan caranya yang aneh’ selalu tetap setia pada penggemarnya.” tambahnya.

Album teranyarnya, Low in High School telah rilis serentak pada 17 November kemarin. Diproduseri oleh Joe Chiccarelli. Dalam album tersebut Morrissey masih memuat beberapa lagu yang sarat akan unsur politik.