Selasa 19 Desember 2017, jadi hari yang bersejarah bari Kobe Bryant. Dua nomor punggung miliknya dipensiunkan oleh Los Angeles Lakers. Momen ini dirayakan dengan penuh khidmat di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, yang dihadiri para pemain, pimpinan, dan penggemar dari berbagai tempat. Sebagai bentuk penghormatan ini, Nike merilis Air Force 1 Low iD “Black Mamba”. Tak hanya sepatu, Nike juga merilis tiga kaos. 

Detail sepatu Nike Air Force 1 Low iD “Black Mamba” terinspirasi dari detail sepatu Nike yang dipakai Kobe. Bagian atas terbuat dari kulit dengan motif ular seperti Nike Zoom Kobe VI. Ornamen swoosh (logo Nike) di bagian samping dibatasi dengan nilon berwarna kuning. Detail seperti ini sudah ada di Nike Air Zoom Huarache 2K4 yang ia pakai pada 2004. Di bagian belakang, tertulis nomor 8 dan 24 yang merupakan nomor punggung Kobe Bryant selama bermain di Los Angeles Lakers.

Tiga kaos yang dirilis Nike iD untuk Black Mamba memiliki konsep sama. Teknologi Dri-Fit dipilih Nike untuk seri ini. Setiap detail disana menggambarkan momen penting Kobe bersama Lakers terutama saat meraih gelar juara tahun 2010. Koleksi sepatu dan kaos di seri “Black Mamba” ini sudah dapat Anda beli di situs resmi Nike. Perlakuan seperti ini bukanlah yang pertama dilakukan oleh Nike. Yang terbaru, Nike merilis Nike Air Force 1 CR7 “Golden Patchwork” sebagai bentuk penghormatan untuk Cristiano Ronaldo. Ia terpilih menjadi pemain terbaik dunia versi FIFA tahun 2017.