Kiprah Rich Chigga memang tak bisa dipandang remeh. Sejak kemunculannya pada 2016 silam, ia telah masuk ke dalam jajaran artis muda berbakat di genre musik rap dan hip hop. Lagunya berjudul “Dat $tick” mendapatkan apresiasi luas. Tak hanya dari penggemar, bahkan rapper senior sekelas Ghostface Killa pun menunjukkan ungkapan positifnya pada bakat Chigga. Bersama Pouya, rapper bernama asli Dennis Coles itu membuat gubahan dari lagu “Dat $tick” yang membuatnya terdengar makin sangar. Setelah merampungkan tugas menghibur penikmat musik di Indonesia lewat aksi panggung di Djakarta Warehouse Project 2017 yang digelar pekan lalu, Brian Imanuel atau dikenal dengan Rich Chigga mengumumkan peluncuran debut albumnya.

Rapper yang kini tergabung dalam grup kolektif 88rising bersama Joji (Jepang) dan Higher Brothers (Tiongkok) tersebut mengumumkan debut album bertajuk Amen akan dirilis 2 Ferbuari 2018. Brian mengumumkan waktu rilisan proyek debut albumnya melalui akun official Instagram dan Twitter pribadinya pada Selasa, 19 Desember 2017. Namun, ia belum memberikan daftar track lagu yang akan mengisi album perdananya. Setahun terakhir Rich Chigga telah menelurkan beberapa singel di antaranya Back At It, Gospel featuring Keith Ape & XXXTentavion, Glow Like DatChaos dan Crisis hasil kolaborasi bersama 21 Savage.

Gaung album perdana Rich Chigga sudah terasa sejak pertengahan 2017. Rich Chigga pernah beberapa kali mencuit tentang proyek album perdananya di jejaring Twitter. Gaung tersebut semakin nyata ketika ia merilis lagu berjudul dengan menggandeng rapper 21 Savages pada awal bulan Desember 2017. Awal mula pengambilan nama komersil Rich Chigga pun muncul sejak pertama kali merilis singel pertamanya Dat $tick pada 2016. Kepada media Fader, Brian bercerita saat itu dia meminta saran seorang teman setelah merampungkan lagu Dat $tick. Teman tersebut menyarankan agar Brian menggunakan nama kontroversial. Brian bahkan tak menyangka nama Rich Chigga akan dikenal dunia. Sempat, ia berkeinginan akan mengganti nama tersebut.