Thirteen adalah sebuah kelompok Experimental Post Hardcore asal Jakarta Selatan yang banyak menggabungkan elemen musik dalam karyanya. Berdiri pada tahun 2006, Thirteen dengan musiknya yang unik serta aksi panggung yang menarik berhasil mencuri perhatian skena musik independen ibukota dan menjadi salah satu raja pensi di masanya. Setelah merilis dua album penuh “It’s All About Party, Music, dan Friendship” (2008) dan “Epidemic” (2011) perlahan tapi pasti musik Thirten mengalami pergeseran dan pendewasaan terutama paska pergantian personel yang di alami. Sejak berdiri, Thirteen telah mengalami beberapa kali pergantian personel, Dicky (bass), dan Rudy (synth) yang kemudian digantikan oleh Jodi (bass), Eponk (synth). Kemudian di tahun 2014, Jodi, Radityan Akbar (drum), dan Raynard (drum) resmi mengundurkan diri dari Thirteen dan kemudian digantikan oleh Mandala Putra (drum), Riko Wibowo (bass), dan Ardiansyah (vokal) dalam penggarapan mini album bertajuk “Undead”.

Di bulan Maret 2017 lalu, Thirteen harus rela ditinggal salah satu personelnya. Ardiansyah sang vokalis, memutuskan untuk keluar dari Thirteen. Tidak butuh waktu lama, Thirteen akhirnya kembali muncul dan memberikan dua kejutan sekaligus. Setelah melalui proses pencarian vokalis baru yang memakan waktu cukup lama, akhirnya Thirteen telah resmi memperkenalkan sosok penting yang akan setia berdiri paling depan dalam setiap aksi panggung mereka. Dia adalah Ibrahim Aziz, yang sebelumnya dikenal sebagai vokalis dari unit Sourthern Rock / Post Hardcore Bekasi, Sky On Eye. Peresmian Aziz sebagai vokalis di iringi dengan peluncuran singel “Nyata Berseru”. Dalam singel ini Thirteen menggabungkan konsep lagu yang ada di album Epidemic dan mini album Undead. Thirteen juga kembali menghadirkan sentuhan suata synthesizer di sepanjang lagu yang memang sudah menjadi ciri khas band ini sejak pertama kali terbentuk.

Melalui lagu “Nyata Berseru” Thirteen ingin memberikan pesan kepada para penikmat musik di Tanah Air jika mereka masih ada dan nyata serta akan terus menyuarakan karyanya. Selain itu di awal tahun ini, Thirteen di kabarkan akan segera melepas album terbarunya. Dalam album ini Thirteen resmi menggaet Adi Saptadi dari Easy Tiger untuk mengemban tanggung jawab sebagai produser. Sembari menunggu album baru Thirteen rilis, simak video musik dari singel “Nyata Berseru” di bawah ini.