Di tengah bulan Ramadan 1439 H, group band Bangkutaman resmi merilis single terbarunya. Berjudul “Manusia Dalam Tanda Tanya”, dirilisnya single ini menjadi catatan pertama kalinya band yang kini berdomisili di Jakarta ini merilis single religi. Ini sekaligus single pertama Bangkutaman di tahun 2018. Di tahun sebelumnya mereka merilis “Pekerja” dalam bentuk vinil (piringan hitam) bersama dengan “Sok Tahu” lewat demajors records. “Manusia Dalam Tanya Tanya” direkam di sebuah studio di Cibubur, tepat bulan puasa tahun 2016. Vokalis dan pemain gitar Acum baru saja meminjam sebuah gitar unik dari Turki milik Rendi, bos label La Munai.

Saz, nama gitar itu, punya suara yang menarik. Nuansa timur langsung terbayang begitu mencobanya. Dari situ, satu-satu pun mulai terbentuk: sebuah intro gitar dan coret-coretan lirik. Rekaman pun dimulai, pada awalnya hanya sederhana: gitar, vokal dan saz. “Ini adalah lagu religius yang pernah kami tulis,” ungkap bangkutaman. Sebelumnya mereka hanya menulis tentang lika-liku kehidupan perkotaan dalam Ode Buat Kota dan tuntutan pekerjaan di mini album Rileks.

Balik ke proses rekaman. Mengendap lama sejak sesi Cibubur, muncul ide di tahun 2018 untuk kembali menyempurnakan lagu yang sederhana ini. Situasi yang terjadi di Indonesia menjadi alasan mengapa Bangkutaman perlu merilis single ini. Membaca liriknya pun terasa masih relevan hingga saat ini, dimana ada beberapa manusia yang menurut mereka dekat dengan Tuhan justru makin menjauh dengan Tuhan-nya ketika mereka bertindak negatif menyakiti sesama dan menyakiti alam.

Acum dan Topan, ‘personil kelima’ sekaligus co-produser lagu ini menyempurnakan lagu ini dengan menambahkan perkusi, organ dan bass. Dan hasilnya bisa didengar sendiri. Beberapa orang menyebut lagu ini pertemuan barat dan timur atau folk, psikedelia, apapun sebutan soal single ini, baiknya silakan dicerna dan diapresiasi sendiri. Adapun single ini tidak tersedia di layanan streaming musik, melainkan digratiskan dengan cara mengunduhnya di website bangkutaman.id. Semoga bisa terhubung dengan single religi terbaru dari bangkutaman.