Siapa yang tak kenal Vincent Van Gogh, salah satu pelukis post-impressionism asal Belanda yang menjadi salah satu tokoh terkenal dan berpengaruh dalam sejarah seni rupa Barat. Karya-karya van Gogh biasa dinikmati di atas kanvas persegi yang dipajang di dinding-dinding museum. Bagaimana jika lukisan seniman yang meninggal 29 Juli 1980 itu dinikmati di atas kanvas sneakers? Laman Sneakernews memberitakan, dalam waktu dekat akan hadir kolaborasi antara Vincent Van Gogh x Vans. Melalui kolaborasi ini Vans kini mengizinkanmu memiliki karya terbaik dari sosok seniman legendary Vincent Van Gogh dalam berbagai pieces yang bisa menemani keseharianmu. 

Segera dirilis pada 3 Agustus 2018 mendatang di vans.com, selected retailers dan Van Gogh Museum Amsterdam, koleksi Vans x Van Gogh Museum ini akan hadir dalam sejumlah classic footwear dan apparel untuk pria dan wanita yang seluruhnya diisi dengan sejumlah karya-karya terpopuler dari sang seniman. Ada tiga lukisan Van Gogh yang akan hadir dalam empat model sneaker Vans, yakni Almond Blossoms, Skulls dan Sunflowers. Ada kisah menarik dibalik lukisan Almond Blossoms karya Van Gpogh. Lukisan ini dibuat pada tahun 1890. Van Gogh dikabarkan ingin menggambarkan kebangkitan dan harapan melalui lukisan bunga.

Tak hanya itu, Almond Blossoms dibuat untuk merayakan kelahiran keponakannya. Tak terbatas pada tiga lukisan itu saja, Vans juga memberikan model sneaker dengan lukisan Self-portrait. Lukisan ini menampilkan portrait Van Gogh. Konon, Van Gogh menciptakan portrait ini karena mengalami kesulitan keuangan. Alih-alih membayar model, Van Gogh menjadikan dirinya sendiri sebagai model. Diungkapkan dari Adriaan Donszelmann sebagai managing director dari Van Gogh Museum, kolaborasi ini disebut sebagai sebuah kesempatan yang tepat untuk menyebarkan karya seni dari seniman abad ke-19 ini kepada siapapun di luar museum. Dengan akses yang cukup sederhana namun bersifat massal ini, Vans x Van Gogh Museum memiliki tujuan mulia menginspirasi para pembeli dan orang-orang yang melihatnya.