Akhir-akhir ini band folk banyak meramaikan panggung musik Indonesia. Betapa tidak, festival-festival bertemakan musik folk sukses besar dimana-mana. Untuk meramaikan warna-warni dunia folk tanah air. Sebuah band asal Malang hadir dengan musik yang kental akan kultur Jawa di musiknya. Band yang terdiri dari Jendra (Pianist), Ramy (Female Vocal), Nasrul (Male Vocal), Lion (Rythm Guitar), dan Rozy (Lead Guitar) ini adalah mahasiswa UIN Maliki Malang. Pertengahan tahun 2017, band ini mulai menunjukan kemampuan bermusik mereka. Dengan penampilan pertama di acara GILS yang di datangi beberapa menteri. Pada waktu itu, mereka membawakan lagu dari musisi lain. Dari penampilan pertama tersebut, ternyata menjadi batu loncatan yang sukses membuat band yang bernama “Phoneme” ini diundang di acara kampus mereka sendiri.

Sungguh, menarik dengan fakta mereka semua berangkat pada kampus yang sama. Namun mereka memulai awal dengan undangan acara di luar kampus. Sejak itu, tawaran manggung di kampus menjadi sering. Mulai dari acara jurusan sampai berbagai fakultas yang ada di UIN Maliki Malang. Karena banyak undangan kesana kemari dari kampus dan luar kampus, Nasrul sang vokalist sekaligus song writer Phoneme menggodok beberapa lagu. “Banyak lagu yang sudah saya simpan. Tapi saya nyesuain dulu sama anak-anak” tutur Nasrul. Untuk lagu yang ia buat, kata Nasrul, mungkin sudah puluhan. Namun, dari puluhan lagu tersebut, lanjutnya, ia ingin memberikan ciri khas dari lagunya. Dengan mendengar pendapat dari masing-masing personel Phoneme. Akhirnya, lagu berjudul “Amerta” terpilih. Amerta mewakilkan Bahasa Sansakerta yang berartikan ‘abadi’ dan ‘tak putus-putus’.

Untuk judulnya, yang memilih ialah Lion sang rythm guitar. “Saya mencari di KBBI. Sepele ya tapi yang penting ngena lah”, tuturnya Lion. Sedangkan sebelum menjadi lirik yang bisa kalian dengar di Spotify atau beberapa akun Youtube, Phoneme beberapa kali menggonta-ganti lirik agar menjadi fresh dan one of a kind. “Ya kita pakai bahasa Jawa di lagu tersebut. Coba dengar”, tutur Rami sang Vokalis. Bukan hanya bahasanya yang jawa, cara bernyanyi Ramy juga menggunakan gaya nyinden yang makin menunjukan budaya Jawa yang kental di musik Phoneme. Lagu yang di rilis pada tanggal 21 Agustus 2018 di Spotify kemarin tersebut akan pula dirilis di dunia nyata dengan digelarnya intimate concert yang akan dihadiri oleh beberapa orang terdekat personel Phoneme yang bertempat di Gartenhouse.ce pada September mendatang.