Rachun merilis EP terbaru bertajuk SANS secara DIGITAL pada 13 September 2018. Rilisan ini merupakan EP kedua yang dirilis Rachun, setelah tahun lalu merilis Pra-Karya. Sedikit berbeda dari rilisan sebelumnya, kali ini Rachun tidak mencetak rilisan dalam bentuk fisik sama sekali. 6 track yang direkam di POTS pada Maret hingga Agustus 2018 ini, hanya akan dapat didengarkan melalui layanan streaming digital, seperti Spotify, Joox, Apple Music, Deezer, dan lain sebagainya. Adapun artwork berupa lirik, daftar lagu/track list, dan credits akan tetap dapat di baca melalui post story dan feed Instagram resmi Rachun.

SANS merupakan sebuah slang atau ucapan populer yang berasal dari kata santai dan berarti santai. Istilah ini dipakai untuk menggambarkan lagu-lagu pada EP ini yang cenderung lebih santai jika dibandingkan dengan lagu-lagu Rachun yang telah dirilis sebelumnya. Single pertama dari EP ini berjudul “‘Kan Biasa”. Pada lagu ini, Rachun menambahkan sentuhan strings yang memperkuat harmonisasi dan membuat lagu ini memiliki nuansa pop yang sangat kental. Dalam proses rekaman, Rachun dibantu oleh Haryo Widi dari Tarrkam, yang merekam 5 track, dan tim dari Sunyata Session yang merekam 1 track berjudul “Dia Pergi” secara live acoustic (sesi rekaman bersama Sunyata ini akan rilis di kanal Youtube Sunyata Session pada 3 Oktober 2018 mendatang).

Pada mini album ini, Rachun juga berkolaborasi dengan salah satu grup musik keroncong tertua di Jakarta, yaitu Krontjong Toegoe. Uniknya, lagu yang berjudul “Humanity” ditulis dengan bahasa Inggris dan dibalut dengan alunan musik keroncong yang sangat Indonesia. Rachun adalah band asal Jakarta yang memainkan musik rock. Tumbuh dan berkembang di Potlot, Rachun telah menelurkan 2 rilisan bertajuk Demonya Rachun Yang Direkam Di Pots (2015) dan Pra-Karya (2017) yang masing-masing memuat 5 lagu. Diperkuat Yudhis, Firas, dan Ode, Rachun merilis EP bertajuk SANS pada 13 September 2018.