Barasuara, yang terdiri dari Iga Massardi (vokal dan gitar), Gerald Situmorang (bass), TJ Kusuma (gitar), Asteriska (vokal), Puti Chitara (vokal), dan Marco Steffiano (drum) resmi merilis lagu “Guna Manusia” yang merupakan single pertama dari album ke-2 mereka yang akan dirilis beberapa bulan kedepan.

Sejak album perdana mereka, Taifun, dirilis di tahun 2015, beragam hal, perubahan, pikiran dan perjalanan telah dilalui dalam kehidupan masing-masing anggota Barasuara. Hal ini yang kemudian menginspirasi lahirnya lagu “Guna Manusia”.

Singel ini bercerita soal permukaan tanah di dunia yang semakin lama semakin turun. “Nak, di permukaan yang tenggelam, kita melanjutkan kehidupan” membuka lagu tersebut. “Banyak hal penting di sekitar kita yang terabaikan,” jelas Iga yang menulis lagu ini bersama Gerald. “Apa yang kita lakukan hampir seperti simalakama, terkadang tidak benar,” lanjut Iga yang kemudian mempertanyakan “apa guna kita sebagai manusia?”

Barasuara dalam keterangan pers menjelaskan lagu “Guna Manusia” memotret pemikiran Barasuara saat ini. Mereka ingin lagu ini berkembang dan tumbuh secara organik, serta merta menjadi bagian dari penikmatnya. “Kami semua sudah tidak di titik yang sama saat album ‘Taifun’ keluar tiga tahun yang lalu. Saya ingin penikmat musik kami bisa berkembang bersama Barasuara karena ini adalah perjalanan kita bersama,” lanjut Iga.