Fenomena dari serial televisi ‘Game of Thrones’ menyebabkan minat para wisatawan untuk mengunjungi lokasi syuting dari serial drama televisi fantasi Amerika tersebut. Tak lama lagi penggemar serial Game of Thrones bisa merasakan pengalaman berada dalam film itu. HBO berencana membangun beberapa lokasi film sebagai tempat wisata usai penayangan musim terakhir pada 2019 mendatang. Terinspirasi dari kesuksesan pariwisata New Zealand yang mempromosikan negaranya sebagai real life Middle Earth dari trilogi Lord of the Rings, Northern Ireland dipromosikan sebagai real life Westeros. Walaupun produksi Game of Thrones berlokasi di berbagai negara seperti Iceland, Spain, dan Morocco, Northern Ireland tetap menjadi tempat produksi dan pasca produksi utama yang dilakukan di Titanic Studio, Belfast.

Dikutip dari Variety, Selasa (24/9/2018) Penggemar Westeros akan segera dapat masuk ke lokasi sebenarnya di mana “Game of Thrones” telah difilmkan, karena seri tersebut akan mendekati akhir dari perjalanannya. HBO telah mengumumkan rencana untuk mengubah beberapa lokasi syuting “Game of Thrones” di Irlandia Utara menjadi tempat wisata.

“HBO senang sekali dapat merayakan kerja tim kreatif dan kru‘ Game of Thrones ’dengan melestarikan lokasi ini dan mengundang penggemar untuk mengunjungi Irlandia Utara dan menjelajahi Westeros secara pribadi,” ungkap Jeff Peters, VP lisensi dan ritel HBO.

Set yang akan dibangun adalah Winterfell, Castle Black dan King’s Landing, di mana pihak HBO berharap dengan dibukanya tempat tersebut, Game of Thrones akan tetap hidup meski serial tersebut telah berakhir. Selain membuka set tersebut, rencananya akan dibuka juga tur perjalanan ke Linen Mill Studio di Irlandia yang akan memamerkan semua materi dan set dari semua musim.

Lebih lanjut dipaparkan bahwa objek wisata ini nantinya akan menjadi daya tarik dalam jangkauan yang lebih besar dibanding apapun yang pernah dilihat publik. Objek wisata ini akan menawarkan kesempatan pertama bagi masyarakat umum untuk menginjakkan kaki ke dalam beberapa lokasi ikonik dari serial dan di balik layarnya untuk melihat bagaimana pertunjukkan terbesar TV ini dibuat. Wisatawan nantinya tidak hanya bisa melihat set lokasi seperti dalam film, tapi juga melihat kostum, properti, senjata, dekorasi, model, material produksi dan lainnya.