Rubah di Selatan, akhirnya telah menyelesaikan film pendek dokumenter pertamanya yang berjudul “From Paris To Paris – Rubah di Selatan Europe Tour”. Film ini menceritakan perjalanan Rubah di Selatan dari awal terbentuk hingga pada akhirnya berkesempatan untuk melakukan tur ke empat negara di Eropa. Film pendek dokumenter ini telah resmi dirilis dalam acara “From Paris To Paris–Screening Party” (31/10), di Sleman Creative Space.

Tak disangka, penonton yang datang melebihi kapasitas dari ruangan bioskop yang ada di Sleman Creative Space. Begitu banyak penonton yang datang untuk menyambut film perdana dari Rubah di Selatan ini, hingga pada akhirnya pemutaran film ini dibuat dua kloter.

Mallinda, vokalis Rubah di Selatan mengatakan bahwa sejujurnya ia merasa kaget dan terharu. Ia tak menyangkan akan ada sebanyak ini teman-teman yang datang dan bahkan dari luar Jogja sekalipun. Mallinda mengucapkan banyak terimakasih kepada semua teman-teman yang mau datang berpartisipasi dalam acara ini.

Photo: Gevi Noviyanti

Film garapan Gilang Pultn dan Teateoy ini, mencuri banyak perhatian karena menceritakan bagaimana perjalanan Rubah di Selatan dari awal terbentuk hingga mendapatkan kesempatan untuk Tur Eropa. Bahkan dalam salah satu scenenya terdapat potongan video panggung pertama Rubah di Selatan.

“Saya mengenal Rubah di Selatan dari awal terbentuk, dan bangga dan terima kasih telah memberikan karya film yang luar biasa ini. Selalu ada ruh dalam karya Rubah di Selatan, boleh tanya apa rahasia nya?” tanya salah satu penonton yang penasaran pada saat sesi diskusi berlangsung.

Sambutan hangat juga datang dari berbagai kota di luar Yogyakarta. Banyak yang meminta untuk dapat diputar di kota lain, dan ada juga yang berharap dapat dinikmati di kanal youtube Rubah di Selatan segera. Hingga pada akhirnya Rubah di Selatan resmi merilis di kanal youtube mereka, sekligus berharap film perdana Rubah di Selatan ini dapat dinikmati oleh semua penikmatnya.

Photo: Gevi Noviyanti

Melalui film dokumenter ini, Rubah di Selatan ingin berbagi cerita, berbagi kebahagiaan, mimpi, semangat, dan impian untuk sanak saudara, kerabat, sahabat, kawan, dan siapapun yang ingin terus bermimpi dan mengejarnya. Dengan semangat tersebut, dan bentuk terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Rubah di Selatan selama ini, film “From Paris To Paris – Rubah di Selatan Europe Tour” resmi dirilis di kanal youtube Rubah di Selatan.

Sementara itu, Rubah di Selatan adalah ethnic folk band yang beranggotakan Mallinda (vokal), Gilang (gitar), Adnan (keyboard), dan Ronie (etnik perkusi). Terbentuk sejak 20 Agustus 2015, membawakan isu tentang kearifan lokal, petuah jaman dulu, nilai-nilai tradisi, dengan budaya masa kini. Menggabungkan instrumen etnik dan lirik populer, serta visual yang menggambarkan sisi lokal tradisi Indonesia, menjadi identitas kuat Rubah di Selatan. Band yang telah merilis tiga singlenya ini, akan menyelesaikan debut album di penghujung tahun 2018.