Liga Musik Nasional atau yang lebih dikenal dengan Limunas akan kembali digelar pada 22 Desember 2018 di Institut Francais Indonesia (IFI), Bandung. Untuk memanaskan gelaran yang memasuki edisi ke-13 ini, kolektif penikmat musik asal Bandung tersebut mengundang tiga band dari Jakarta, Bali dan Bandung, yaitu Kelompok Penerbang Roket, Jangar, dan Brigade of Crow. Iit Boit, salah satu pemrakarsa Limunas menceritakan dasar pemilihan band-band yang diundang untuk tampil di acara tersebut salah satunya adalah sudah memiliki rilisan album fisik. Selain itu, mereka melihat bagaimana interaksi band dengan para pendengarnya.

“Dua hal itu kami lihat ada di Kelompok Penerbang Roket dan sebenarnya mereka sudah masuk radar Limunas sejak tahun lalu, tapi karena satu dan lain hal baru bisa terjadi sekarang. Sedangkan untuk band pembukanya, pilihannya selalu jatuh ke band yang lebih muda. Pertimbangannya adalah bisa saling berbagi ilmu, pengalaman, dan bisa memberikan eksposur untuk mereka,” tutur Boit. Dalam setiap edisinya, Limunas selalu menjanjikan pertunjukan yang intim dan hangat. Tercatat sejak 2011, mereka pernah mengundang musisi dan band berkualitas dari berbagai kota untuk tampil di acara mereka, di antaranya adalah Frau, Seringai, White Shoes and the Couples Company, Forgotten, Komunal, Rajasinga, Mooner, Navicula, Melancholic Bitch, Terapi Urine, hingga Teenage Death Star.

“Format Limunas sebenernya nggak pernah neko-neko. Intinya kami bikin panggung untuk semua orang yang datang; baik itu yang tampil, menonton atau yang kerja juga senang. Makanya energinya jadi sama dan satu karena kita semua ada di ruang yang sama untuk bersenang-senang dengan musik. Itu sih paling utama,” cerita Boit. Penggebuk drum Kelompok Penerbang Roket, I Gusti Gede Vikranta, mengungkapkan antusiasnya ketika mendapat undangan tampil di Limunas. Ia mengatakan, “Limunas sudah digelar sejak tujuh tahun lalu dan band-band yang tampil keren banget. Kami merasa terhormat bisa menambah daftar tamu dari Limunas. Segan!”

Tiket prajual seharga Rp75.000 saat ini sudah bisa dibeli melalui Omuniuum, Bandung. Setelah kuota prajual habis, tiket akan dilepas dengan harga Rp100.000. Perlu dicatat Limunas edisi ke-13 digelar secara swadaya dengan mengandalkan jaringan pertemanan, meminta dukungan dari kolega, dan tentu saja penjualan tiket acara dan merchandise dari band yang tampil. Artinya, sponsor Limunas adalah band, teman-teman pembeli tiket dan merchandise serta panitia yang bersedia bekerja setiap kali acara ini diadakan. Limunas edisi ke-13 didukung oleh Omuniuum, Maternal Disaster, Institut Francais Indonesia Bandung dan Berita Angkasa.