Setelah sukses dengan lagu hits seperti ‘”Memulai Kembali”, “Hai”, dan “Breathe” dalam album keduanya “Dandelion” yang dirilis tahun 2016 lalu, Monita Tahalea kembali meluncurkan karya terbarunya. Sebuah lagu dengan genre Folktronik yang berjudul “Sesaat Yang Abadi”. Lagu ini menjadi single baru penutup tahun 2018 dan juga sebagai lagu pembuka untuk perjalanan baru dari album ketiga Monita Tahalea yang rencananya segera dirilis di tahun ini.

Di singel ini Monita Tahalea bekerja sama dengan Indra Perkasa, seorang komposer dengan julukan Mr. Robot yang juga merupakan salah satu mitra dalam bermusik. Monita dan Indra mengeksplorasi bunyi dan suara dengan tema scientific-romantic. Dalam lagu ini musik Monita tidak terlalu berkembang ketimbang karya-karya sebelumnya. Gitar akustik dan bass yang terkadang menonjol masih jadi andalan musisi berusia 31 tahun tersebut. Perbedaan paling kentara dari Sesaat Yang Abadi adalah penggunaan suara-suara elektronik. Ia seperti coba mengeksplorasi elektronik dan menggabungkannya dengan gitar akustik, bas dan pianika.

Di dalam singel ini, Monita Tahalea ingin berbicara tentang waktu dari sisi romantismenya. Tentang sebuah ruang atau pribadi yang tak lepas dari ingatan. “Sesaat yang Abadi” tidak hanya tersedia dalam bentuk audio, tetapi juga telah di release dalam bentuk video musik yang di sutradarai oleh Shadtoto Prasetio dan tersedia dalam semua digital platform sejak tanggal 28 Desember 2018. Monita merupakan musisi jebolan ajang pencarian bakat pada 2005 lalu. Sampai saat ini ia sudah merilis dua album bertajuk Dream, Hope & Faith (2010) dan Dandelion (2015).