Januari selalu diwarnai dengan berbagai macam rencana baru. Ada yang terlaksana, ada yang kandas, bahkan ada juga yang dilupakan begitu saja. Tentunya terlalu sembrono jika menganggap, bahwa menanam ambisi, menembak target, dan berharap adalah hal yang percuma. Toh merekalah yang seringkali membuat kita untuk terus bergerak menuju perubahan, sebuah pengembangan diri. Tapi, seperti kepingan uang logam—yang mempunyai dua sisi, rasanya beberapa dari doa-doa itu justru menggambarkan pola-pola yang usang.

Rendah gunung tinggi harapan. Silakan pupuk cita, asal tidak memanfaatkan Januari sebagai sekadar momen untuk mengulang-ulang rencana, angan-angan lampau, tren resolusi, bahkan kebuntuan, serta keluh kesah itu sendiri. Keresahan inilah yang kemudian dituangkan Rachun ke dalam bentuk lagu dengan judul “Januari” yang dirilis secara digital pada 18 JANUARI 2019 ke layanan streaming seperti Spotify, Apple Music, Joox, Deezer, dan sebagainya, serta dapat diunduh di iTunes Store. Pada rekaman kali ini, Rachun bekerja sama dengan Audi Adrianto yang didaulat sebagai produser. Rachun juga menghadirkan suara dan penggalan lirik oleh Bismo Triastirtoaji diakhir lagu yang membuat kegalauan lagu semakin terasa. Audi dan Bismo merupakan gitaris dan vokalis dari band 1/4 yang sedang dalam proses penyelesaian albumnya album pertamanya.

Selain dalam bentuk audio, Januari juga akan dihadirkan dalam bentuk Video Musik bekerja sama dengan Sutradara Ravi Septian –sebelumnya menjadi DOP video We’ll Carry On dari Pamungkas. Video Musik ini dapat dinikmati melalui akun Youtube Rachun – https://youtu.be/aPkmtAsI_YA. Januari juga menjadi sebuah langkah untuk Rachun sebagai jembatan menuju EP selanjutnya yang akan dirilis pada 1 Februari 2019 mendatang. EP bertajuk “Yaudah” akan menghadirkan 5 lagu dengan nuansa yang berbeda dengan EP Rachun sebelumnya –SANS (dirilis 2018 lalu). RACHUN adalah band asal Jakarta, telah menelurkan 4 rilisan bertajuk “Demonya Rachun Yang direkam di POTS” (2015) dan “Pra-Karya” (2017) yang masing-masing memuat 5 lagu, “Makanan” (2018) single berbentuk kaset dengan bonus track “Nggak Bermoral” serta “SANS” (2018) yang berisi 6 lagu.