Rasa optimis selalu hadir di benak Rasvan Aoki. Banyak hal yang telah mereka lakukan tahun lalu, dan pastinya juga tahun ini. Tahun 2018 jadi momen di mana debut album ‘Tyaga’ dirilis, berlanjut hingga tur ke 14 kota di Indonesia. Selama beberapa bulan kemarin, Rasvan (gitar) dan Aoki (vokal) berkeliling mulai Bali, Makassar, Bandung, Jakarta, Sragen, Solo, Sleman, Yogyakarta, Salatiga, Semarang, Mojokerto, Sidoarjo, Malang, Jember dan tentunya kota asal mereka, Surabaya.

Kabar gembira pun datang dari mereka untuk mengawali tahun ini. Belum habis rasa lelah dan senang dari ‘Tyaga Tour’ kemarin, kini mereka akan lanjut terbang ke Malaysia dan Singapura untuk menjalankan ‘Tyaga Tour SIAR’yang berlangsung pada 15-18 Februari mendatang. Misi mereka kali ini bukan sekadar memperkenalkan diri, melainkan juga berbagi semangat untuk terus menjadi Independen sebagai musisi, juga menyebarkan lebih banyak kasih sayang kepada dunia dengan membangun relasi.

S.I.A.R yang merupakan akronim dari Sounding, Independent, Affection & Relation ini juga merupakan homonim dari kata Siar yang artinya menyebarkan.”Harapannya kami dapat menyebarkan karya kami ke ruang lingkup yang lebih luas. Tidak hanya di negara sendiri, tapi juga di luar negeri. Dengan memegang semangat dari album pertama kami, ‘Tyaga’; yang dalam Sansekerta berarti melakukan sesuatu dengan jujur, tanpa memprediksi bagaimana hasilnya akan berakhir,” ungkap Rasvan Aoki.

Dalam ‘Siar Tyaga Tour’, Rasvan Aoki akan lebih dulu singgah di Malaysia. Mereka dijadwalkan tampil di Sifter Asia, The Gasket alley Seksyen 13 Petaling Jaya (15/2) spesial Rasvan Aoki Album showcase bersama DJ Beruk 45 Operator Bunyian (Edy J Herwan GSC) serta beberapa artis lokal lainnya, dan lanjut keesokannya di Embrace Hall Music and Art Centre Johor Bahru (16/2) bersama Plague Of Happines; unit ska punk yang sempat sepanggung dengan Rasvan Aoki saat menjalani tur-nya di Semarang. Kemudian lanjut ke panggung di Singapura, mereka kembali tampil di Bob Marley B’days Bhas chapter Singapura, tepatnya Canvas Club 20 Upper Circular Rd, The Riverwalk (17/2). Kali ini mereka akan sepanggung duta reggae Indonesia Ras Muhammad, serta local artist Reggae Remmedy & Rumshot . Sebagai penutup, Rasvan Aoki akan tampil di Rasvan Aoki Session Chillout bersama Smooth Odyssey fr ITE jazz Orchestra , ITE Central College Singapura (18/2).

Selain pentas, Rasvan Aoki juga punya misi tersendiri dibalik panggung, yakni membagikan dan memperkenalkan segala hal tentang industri musik yang ada di kota asal mereka, Surabaya. Mereka akan menyampaikannya dalam sebuah zine bertitel ‘Surabaya Footnote’ yang dikerjakan bersama Ronascent, salah satu media musik lokal di Surabaya. Di dalamnya, terdapat sebuah prolog tentang skena musik Surabaya yang meliputi rekam jejak musisi, media, rilsian, event dan segala aspek di dalamnya. Nantinya zine tersebut akan dicetak terbatas, lalu dijual dan dibagikan selama perjalanan tur mereka. Melalui tur singkat ini, Rasvan Aokiberupaya menjadi representasi Tyaga tanpa ekspektasi tinggi. Karena bagi mereka, kerja keras yang tulus ialah langkah untuk memperkenalkan sebuah entitas bernama, Rasvan Aoki.