Wahai warganet di luar sana, masih sering bertengkar lewat media sosial tanpa kenalkompromi? Bisa jadi kamu sedang terlibat“Debat Kusir”,yang dijadikan tema dari single terbaru Christabel Annora yang berjudul sama. Solois dan pianis yang telah merilis “Menunggu Pagi” beberapa waktu lalu, kembali menelurkan karya terbarunya di tanggal 19April 2019 lewat berbagai gerai streaming digital. Perilisan lagu ini memang berdekatan dengan pemilihan umum di Indonesia dan para pendengar pasti mengira persaingan politik antar dua kubulah yang menyebabkan single ini lahir.

Nyatanya, Christabel Annora tidakhanya menyentil debat politik berkepanjangan, namun juga debat antar warganet yang terkesan konyol. “Sebenernya (re: tema lagu) lebih global. Lagu ini dibuat udah beberapa waktu yang lalu dan kebetulan aku beberapa kali mengamati pertarungan sengit netizen di media sosial juga, baik isu politik ataupun lainnya,” ungkap Ista, sapaan akrab Christabel Annora. Berbeda dengan lagu-lagu terdahulu yang mengangkat tema lebih personal, “Debat Kusir” menunjukkan sisi baru dari Christabel Annora dengan lirik jenaka dan permainan piano yang playful dan bernuansa vintage.

“Sengaja saya masukkan nada-nada playful karena sesuai dengan tema ‘debat kusir’ yang jatuhnya jadi bahan bercandaan karena makin tidak masuk akal,” ujarnya. Eksplorasi “Debat Kusir” kali ini dipengaruhi ketertarikannya terhadap genre old jazz dan blues terutama musisi Teddy Wilson, Nina Simone, dan Sue Keller. Solois yang telah debut dengan album “TalkingDays” di tahun 2016 ini merekam lagu “Debat Kusir” di Post Electric Studio by Danny Herbert tahun lalu.

Komposisi lagu dan lirik digarap sendiri olehnya. Sedangkan proses mixing dan mastering dipercayakan pada Bambang Iswanto dari Nero Studio. Kesempatan ini juga dimanfaatkan dara asal Malang ini untuk menunjukkan bakat lainnya yakni menggambar dengan membuat ilustrasi untuk artwork “Debat Kusir”. Lebih lanjut lagi, Christabel Annora mengungkapkan bahwa perilisan single ini menandakan album penuh keduanya akan segara lahir ke dunia. Nikmati “Debat Kusir” dan ingat pesan ChristabelAnnora untuk berhenti berdebat hanya karena tidak mau kalah!

Christabel  Annora adalah pianis dan penyanyi asal kota Malang. Konon, kemahirannyabermain piano danmenyanyi itu dilatih sejak usia lima tahun setelah dikenalkan oleh eyangdan ibunya. Kemudian ia memutuskanikut les piano selamabeberapa tahun, serta melatihkemampuan vokalnya bersama kelompok paduan suara di sekolah dan gereja. Setelahmelakukan membantu beberapa musisi seperti The Morning After, Folkapolka, Silampukau,Ajer dan sebagainya, Christabel Annora merilis debut album penuh pertamanya yang berjudul“Sunshine Talks” di tahun 2016. Karir bermusiknya tidak terhenti walaupun ia harusmelanjutkan pendidikan di Edinburgh, Skotlandia yang ia buktikan dengan perilisan beberapasingle. Nantikan materi terbaru dari solois satu ini di tahun 2019.