Shaggydog kembali menelurkan sebuah single berjudul ‘Jangan Gontok Gontokan’. Sesuai judulnya, lagu terbaru ciptaan band Ska asal Yogyakarta mengajak kita semua untuk merayakan perbedaan dengan ceria, tanpa perlu menjadikannya masalah hingga berujung amarah.

Lagu Gontok-Gontokan sendiri lahir ketika Pemilu 2019 yang puncaknya berlangsung April lalu. Sebagai warga negara Indonesia, Shaggydog juga mengamati bagaimana pesta demokrasi justru bukan perayaan yang menyenangkan.

Shaggydog memandang Pemilu 2019 lalu ternyata menimbulkan efek negatif yang bisa dilihat sehari-hari. Rakyat Indonesia menjadi terkotakkan, terbelah menjadi banyak golongan yang saling sikut. Bahkan, gesekan tersebut merambah dunia maya lewat hoaks bertebaran sosial media. Perbedaan yang seharusnya dirayakan sebagai berkah bukan lagi hal yang seru.

“Keragaman suku dan budaya di bangsa ini tentu menjadi sebuah gem bagi kita semua, kekayaan yang tak ternilai,” kata vokalis Shaggydog, Heru Wahyono, seperti press rilis yang kami terima. Sambil berdendang alunan khas musik Ska yang dipadu dengan Dangdut, Heruwa memasukkan toasting dengan menambahkan bahwa berbeda itu sudah biasa. “Mari kita singkirkan kepentingan pribadi, mari jaga bersama, jaga ibu pertiwi,” kata Heru.

Single “Jangan Gontok-Gontokan” merupakan bagian dari album ke-7 Shaggydog, hasil dari proses karantina sebelumnya ini akan dirilis secara resmi dalam bentuk video lirik via akun YouTube: TheDoggyTV tanggal 19 Oktober 2019. Mari berdansa bersama sambil merayakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.