Jangar, kuartet heavy rock garda depan asal Denpasar, Bali, resmi merilis video musik terbaru mereka yang berjudul “Kesurupan” pada Kamis (30/1). Video musik yang sudah bisa disimak di akun YouTube Berita Angkasa ini disutradarai oleh Aditya Muhara, sosok yang juga menyutradarai video musik “MSG” milik Jangar.

Diperkuat oleh Gusten (vokal), Pasek (drum), Dewa Adi (gitar), dan Raibio (bass), Jangar menceritakan bahwa “Kesurupan” bercerita tentang fenomena menyedihkan yang sempat marak di kalangan anak muda beberapa tahun lalu: ganja sintetis. “Anak-anak muda berusaha menciptakan berbagai alternatif untuk menggantikan keberadaan rekreasi ganja yang ilegal di Indonesia. Produk sintetis tersebut merupakan bagian dari eksperimen-eksperimen yang tidak dapat dipertanggungjawabkan asal-usulnya,” ucap Gusten melalui siaran pers yang kami terima.

Ia kemudian melanjutkan: “Lagu ini juga merepresentasikan apa yang saya alami beberapa tahun silam. Ingin tenang tetapi dengan cara instan. Tidak terlalu memikirkan sekitar dan malah terjebak ke budaya coba-coba hingga ketergantungan. Tapi, ya masa lalu sudah menjadi lagu; yang bisa didengarkan sambil teringat sepanjang masa.”

Jangar resmi merilis album penuh perdana mereka, Jelang Malam, pada Oktober 2019. Album yang dirilis oleh Berita Angkasa–label rekaman yang menaungi Kelompok Penerbang Roket, Kurosuke, Rafi Muhammad, dan Sapphira Singgih–ini berisi sepuluh materi dengan tema sosial politik, kematian, kelahiran, hingga alam baka yang dibalut dengan heavy rock dan disiram arak Bali yang keras.

(Jangar Photo by: Ucok Olok)