Soloensis, sebuah grup band yang terinspirasi dari nama spesies manusia purba yang pernah ada dan hidup di bantaran kali Bengawan Solo kembali menyapa para penggemarnya dengan album baru bertajuk “Berlapis”. Dibentuk sejak tahun 2008-an dan muncul sebagai band indie di tahun 2010, sebelumnya Soloensis pernah merilis album pertama di tahun 2014 (self titled).

Seolah olah manusia purba Kali Bengawan hidup kembali dan membentuk unit/grup Band dengan nama panggung “Soloensis Purba Millenials”, seperti lahir kembali dan berulah dalam wujud millennial. Soloensis kini adalah Faisal Ismunandar (drum), Pungkas Pinundi (bass), Alvi Rukmana (gitar), Gema Isyak (vokal, gitar).

Dari segi musik, 10 lagu yang ada pada album ini masih membawa nuansa yang energik, harmonisasi duet gitar yang lebih menonjol dari album sebelumnya, isian pukulan drum yang lebih variatif dengan bingkai petikan bass yang sederhana dan nada vokal yang lebih “bernyanyi” dari album sebelumnya. Secara keseluruhan “Berlapis” adalah pemanas,penyemangat atau pembangkit energi untuk berproses mewujudkan solusi solusi yang masih menggumpal dalam pikiran.